Hidup adalah Ibadah

Tanggapan Mengenai Film “ The Rules of The Worlds” dan Globalisasi

Posted on: Agustus 2, 2008

The Rules of The Worlds merupakan sebuah film yang mengisahkan tentang globalisasi. Film itu mengisahkan tentang dampak dari globalisasi terhadap negara dunia ketiga dengan setting di Indonesia. Setelah menyaksikan film tersebut saya mendapat gambaran tentang kondisi dari Indonesia pada era globalisasi. Globalisasi di Indonesia sendiri tak lepas dari pergantian orde lama ke orde baru dan itu terus berlanjut sampai sekarang. Investasi asing yang terjadi pada zaman Soeharto merupakan salah satu penyebab terjadinya globalisasi di sektor ekonomi. Hal ini juga disebabkan dengan adanya kebijakan Indonesia meminjam dana untuk pembangunan dari IMF dan Worlds Bank yang sedikit banyak mempengaruhi arah kebijakan ekonomi Indonesia nantinya.

Dengan masuknya Investasi asing, pemerintah berharap akan adanya pertumbuhan ekonomi dan mengurangi pengangguran akan tetapi ketidakjelasan regulasi yang berlaku di Indonesia menyebabkan kerugian yang tidak sedikit bagi bangsa ini. Buruh yang bekerja di sektor industri tidak mendapatkan penghasilan yang layak dibandingkan harga barang yang akan diproduksi. Kehidupan buruh juga mendapat perhatian dari film ini. Gaji yang kecil serta kondisi kesejahteraan mereka berbanding terbalik dengan apa yang mereka hasilkan selama ini. Selain itu terdapat pergeseran nilai-nilai yang belaku di masyarakat yang dulunya bersifat tradisional menjadi struktur masyarakat yang modern mungkin dari sisi pola hidup dan cara berpakaian atau dalam menyikapi permasalahn itu sendiri. Apa ini yang disebut GLOBALISASI?

Dalam melihat suatu permasalahan yang ada perlu adanya cara pandang terhadap aspek-aspek yang ada pada masalah itu sendirinya. Permasalahannya bukan karena nilai-nilai tradisional atau religiositas yang terkikis, tetapi justru ada pada kebergantungan ekonomi. Hal ini yang menyebabkan standar itu menjadi berubah.

NB: Tulisan ini merupakan tanggapan penulis dari film The Rules Of The World dan topic globalisasi yang disampaikan oleh saudara Hokki Situngkir( EL’96) pada saat Diklat Aktivis Terpusat di Ciburial tahun 2008.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Agustus 2008
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kategori

Arsip

Klik tertinggi

    Pengunjung

    • 84,167 hits
    My Daily Traffic Blog free counters
    %d blogger menyukai ini: